Monday, October 7, 2024
HomeBatamRikson: Khusus Batam, Kenaikan Harga BBM Bisa jadi Momentum Perbaikan Pelayanan Trans...

Rikson: Khusus Batam, Kenaikan Harga BBM Bisa jadi Momentum Perbaikan Pelayanan Trans Batam

berita4.id, BATAM– Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sangat memukul daya beli masyarakat utamanya kalangan buruh. Imbasnya harga-harga barang pokok dan lainnya juga ikut naik. Masyarakat makin sengsara. Derita masyarakat yang belum pulih betul akibat pandemic covid 19, sudah harus ditekan lagi akibat kebijakan kenaikan harga BBM.

Tentunya pemerintah harus turun tangan ikut ambil bagian dalam mendorong agar persoalan hidup masyarakat harus segera dibantu. Utamanya sektor-sektor publik khususnya yang membantu mobilitas penduduk yaitu transportasi umum (publik).

Pemerintah pusat telah menaikkan harga BBM subsidi Pertalite jadi Rp10 ribu per liter dari sebelumnya Rp7.650 per liter mulai 3 Sepetember 2022. Untuk solar dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter, sedangkan harga Pertamax dari Rp12.500 per liter menjadi Rp14.500 per liter.

Direktur Eksekutif Batam Labour and Public Policies, Rikson Tampubolon mengungkapkan, Kenaikan harga BBM harus jadi momentum perbaiki transportasi publik, khususnya Trans Batam di Batam. Pemerintah harus turun tangan dan fokus kembangkan transportasi publik. Tidak boleh lagi menggunakan business as usual pendekatan yang biasa-biasa saja.

Political will pemerintah kota, katanya, harus memprioritaskan pembenahan transportasi publik. Bila perlu menambah subsidi ini demi membantu hidup para pekerja dan masyarakat golongan bawah. Dengan begitu pemerintah telah ikut meringankan beban hidup masyarakat.

”Pemerintah harus mendorong masyarakat agar menjadikan transportasi publik semacam Trans Batam jadi pilihan utama. Perbanyak armada bus, perbaiki halte, tingkatkan intensitas pada jalur Busway Trans Batam, membuka rute-rute atau jalur baru khususnya ke lokasi kawasan industri dan tempat kerja, bahkan ke tempat-tempat wisata dan mobilitas warga,” ujar Rikson.

Baca Juga: Hukum Berat Pardi CS dan Semua Yang Terlibat Transaksi Jual Beli BBM Ilegal

Rikson Tampubolon yang juga pengamat kebijakan publik ini menilai, tantangan kemacetan juga semakin parah di Kota Batam akibat pertambahan jumlah kendaraan bermotor yang tidak dibarengi dengan penambahan ruas jalan di Kota Batam yang terbatas. Khususnya pada jam-jam berangkat dan pulang kerja. Memaksa pemerintah harus putar otak menjaga mobilitas di kota ini.

‘Jangan sampai masalah ini dibiarkan berlarut-larut hingga tidak bisa diurai di kemudian hari. Ditambah lagi kenaikan harga BBM ini harusnya pemerintah kota menjadikan ini momentum untuk pengutamaan sektor transportasi publik di Kota Batam,” imbaunya.

Sektor pelayanan dari transportasi publik juga harus utamakan ketepatan waktu dalam pelayanan disamping soal keamanan dan kebersihan. Sehingga masyarakat kita menjadikan transportasi publik kita menjadi pilihan utama mereka. Kecepatan dalam menunggu bus antrian juga factor yang harus diperhatikan agar warga tidak terlalu lama menunggu dan lebih bisa mengatur waktu.

“Kita telah mendengar slogan Kota Batam jadi smart city. Tentunya pilihan jadi kota pintar harus didukung pengelolaan transportasi publik yang optimal juga. Batam ini hari ini masih mengandalkan transportasi bus maupun kapal dan masih menunggu pembangunan infrastruktur jaringan kereta api atau MRT (Mass Rapid Transport),” . Kenaikan harga BBM jadi momentum perbaiki transportasi publik;
2. Pengamat Ini Minta Walikota Batam Bantu Masyarakat Seriusi Trans Batam Antisipasi Dampak Kenaikan BBM;
3. (Judul di atas hanya usul, tergantung pimpinan redaksi)

(Batam, 13/9) Naiknya harga BBM (Bahan Bakar Minyak) pastinya sangat memukul daya beli masyarakat industri utamanya kalangan buruh. Imbasnya harga-harga barang pokok dan lainnya juga ikut naik. Masyarakat makin sengsara. Derita masyarakat yang belum pulih betul akibat pandemic covid 19, sudah harus ditekan lagi akibat kebijakan kenaikan harga BBM.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

0
berita4.id- Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah...
- Advertisment -