Inisiatif ini sangat penting mengingat alat AI Barat seperti ChatGPT dan Bard tidak dapat diakses di Tiongkok. Pasar Alibaba, Taobao, memperkenalkan Duxiaoxiao, asisten digital yang didukung oleh AI Badadu, Ernie Bot.
Alat tersebut dirancang untuk beradaptasi dengan preferensi pembelanja, memberikan contoh tren menuju layanan digital yang dipersonalisasi. Popularitas layanan ini terbukti, dengan jumlah pengikut dan penjualan yang signifikan dalam beberapa hari setelah peluncurannya.
Sementara itu, Meituan mengembangkan ceruk pasarnya dengan Wow, sebuah layanan AI yang bertujuan untuk menciptakan komunitas virtual teman AI untuk generasi muda. Hal ini masih dalam tahap awal, namun menandakan adanya pergeseran menuju pengalaman AI yang interaktif dan berorientasi pada generasi muda.
Dilansir dari SCMP, lonjakan pengembangan AI yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Tiongkok terjadi ketika mereka berupaya melakukan ekspansi melampaui sektor tradisional ke wilayah yang lebih inovatif. Namun, layanan-layanan tersebut saat ini hanya mewakili sebagian kecil pendapatan, yang didominasi oleh bisnis inti.