Sunday, October 6, 2024
HomeNasionalTaufan Damanik: HendakBopong Putri, Brigadir J Ditegur Kuat, Rekonstruksi Penembakan Brigadir J

Taufan Damanik: HendakBopong Putri, Brigadir J Ditegur Kuat, Rekonstruksi Penembakan Brigadir J

Barulah setelah itu adanya ancaman itu, tayangan TV Polri baru menyiarkan tayangan dengan adegan nomor 10 yang memperlihatkan Bripka RR dan Kuat bertemu di rumah Magelang. Keduanya terlihat berbincang.

Lantas pada adegan ke 11 Putri terlihat terbaring di tempat tidur di sebuah kamar. Putri terlihat memakai pakaian serba putih dalam memperagakan adegan tersebut. Terlihat Kuat menghampiri Putri yang ternyata berlangsung percakapan nasihat untuk tidak melakukan ancaman.

“Iya begitu, versinya dia begitu, minta orang ini (Brigadir J) diberhentikan ajalah, ga usah ribut-ribut (nasihat ke Kuat jangan lakukan ancaman),” terang Taufan.

Setelah itu, Kuat keluar kamar dan menemui Bripka R. Lalu Bripka R menghampiri Putri di kamar yang kemudian Bripka R keluar menyerahkan senjata api laras panjang ke Bharada E.

Sementara, dalam reka adegan berlanjut Putri Candrawathi nampak berbaring. Sementara Brigadir J terlihat duduk di lantai dan Putri tetap berbaring.

Persiapan Balik ke Jakarta
Masuk ke adegan 16 A tanggal 8 Juli 2022, empat tersangka memperagakan detik-detik meninggalkan rumah Magelang untuk pulang ke Jakarta. Keempat tersangka adalah Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, Bharada Richard Eliezer, dan Bripka Ricky Rizal.

Putri, Bharada Eliezer, Kuat, dan saksi Susi (ART Ferdy Sambo) memperagakan masuk ke mobil berpelat B-1-MAH untuk perjalanan pulang ke Jakarta. Reka adegan tersebut dilakukan di depan rumah pribadi Ferdy Sambo, Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Sebelum masuk ke mobil, Bharada E memperagakan serah terima senjata dari Bripka Ricky. Senjata itu kemudian dibawa Bharada E, yang duduk di kursi depan kiri.

Tersangka Kuat Ma’ruf lalu memperagakan duduk di kursi pengemudi. Sementara Putri Candrawathi, di mobil yang sama, duduk di kursi penumpang persis di belakang Kuat Ma’ruf.

Saksi Susi duduk di samping Putri atau belakang kursi Bharada E. Sementara Bripka RR masuk ke mobil lain yang posisinya di belakang mobil Putri Candrawathi. Bripka Ricky semobil dengan Brigadir J.

Rekonstruksi di 3 Lokasi
Rekonstruksi pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dilakukan di tiga lokasi. Pertama, di sebuah aula yang menjadi lokasi penggantian peristiwa di Magelang, Jawa Tengah. Di lokasi itu terlihat tersangka Putri, Bripka RR, Bharada E, KM meragakan sebanyak 16 adegan meliputi peristiwa pd tgl 4, 7 dan 8 Juli 2022.

Lokasi kedua digelar di rumah pribadi Jalan Saguling dengan sebanyak 35 adegan, meliputi peristiwa pada tgl 8 Juli dan pascapembunuhan Brigadir J. Adegan-adegan ini menampilkan proses perencanaan Irjen Ferdy Sambo kala itu untuk merancang skema pembunuhan.

Lalu, lokasi ketiga berada di rumah dinas (rumdin), Kompleks Perumahan Polri, Duren Tiga. Lokasi ini menjadi titik tempat eksekusi penembakan Brigadir J.

Proses rekonstruksi ini dihadiri tim jaksa penuntut umum, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sebagai pihak pengawas eksternal.

Pada kasus ini, Bharada E dijerat dengan Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan Juncto 55 dan 56 KUHP. Brigadir RR dan KM dipersangkakan dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Sementara Ferdy Sambo dipersangkakan dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 Jo Pasal 55, Pasal 56 KUHP. Selanjutnya, Putri Candrawathi disangkakan dengan Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56. ***

sumber: merdeka.com

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

0
berita4.id- Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah...
- Advertisment -