Saturday, June 22, 2024
HomeOlahragaTaekwondo Kharisma Bangsa, Markasnya Para Petarung Cilik

Taekwondo Kharisma Bangsa, Markasnya Para Petarung Cilik

berita4.id, BATAM – Mengajak anak berlatih seni bela diri sejak dini acap kali dilakukan orangtua masa kini. Seni bela diri tentunya dianggap cukup baik untuk anak-anak dalam mengembangkan fisiknya yang masih dalam masa pertumbuhan. Namun, apa jadinya jika anak-anak umur 5 tahun hingga 10 tahun yang ternyata berminat melakukan olahraga ini.

Melihat tangan-tangan kecil mereka terkepal, menendang terget dan berlari lalu meneriakkan hiaaat dengan semangat, tentu sangat menggemaskan. Seperti yang terlihat di Dojang Taekwondo Kharisma Bangsa, Minggu (28/8), puluhan taekwondoin cilik dengan piawai melakukan gerakan dan jurus-jurus taekwondo mengikuti pelatih dan seniornya.

Memakai dobok, pelindung kepala, tangan dan kaki para taekwondoin cilik tersebut bersiap-siap bertarung layaknya petarung yang andal. Sementara teman-temannya yang lainnya menonton sembari menunggu giliran untuk bertarung.

Sabeum Soewito Trikusuman yang merupakan pelatih di Dojang Taekwondo Kharisma Bangsa mengatakan, Kharisma Bangsa mengajarkan jase atau gerakan dasar, poomsae atau jurus, kyorugie atau perkelahian, kyupak atau pemecahan benda dan hosinsul atau beladiri praktis.

“Banyak anak-anak yang berlatih taekwondo di sini, dari usia mulai lima tahun. Di dojang ini kami akan membentuk anak-anak menjadi anak yang berani, disiplin dan percaya diri,” Kata Soewito.

Kata Soewito, manfaat taekwondo lainnya bagi anak-anak adalah meningkatkan daya tahan dan perkembangan fisik anak secara sehat. Sebab dalam latihan, anak-anak diajarkan untuk membiasakan diri bergerak secara dinamis. Yakni bermain sambil berlari, menendang, menghafal jurus dan sebagainya.

Baca Juga: Bertekad Jadi Juara di Tiap Kejuaraan yang Diikuti, Abdul Rachmat Gigih Berlatih Taekwondo Sejak SD

“Banyak anak-anak yang tadinya datang tidak bisa fokus, tak percaya diri dan kurang disiplin, setelah dilatih di sini menjadi anak yang membanggakan dan berprestasi,” ujarnya.

Pemegang sabuk hitam DAN IV Kukkiwon itu juga mengatakan, akan mengarahkan anak didiknya untuk senantiasa melakukan kegiatan positif, juga membangun mental, membentuk karakter, dan memupuk jiwa ksatria.

Foto bersama pelatih dan taekwondoin
RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Terus Lakukan Pendekatan ke Warga Rempang yang Menolak Relokasi

0
berita4.id, BATAM-Sebagian kecil masyarakat Rempang masih melakukan upaya penolakan pengembangan Rempang Eco City. Penolakan tersebut, dilaksanakan dalam berbagai kegiatan diberbagai lokasi di Pulau Rempang....

Kepala BP Batam Sambut Peserta Kejurnas Road Race and Mountain Bike...

0
berita4.id, BATAM-Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Muhammad Rudi hadiri welcome dinner untuk menyambut para peserta Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024 pada...

Lihat Hasil Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan,Ini Caranya

0
berita4.id, BATAM- Setelah melalui tahapan pendaftaran, kini sudah mulai saatnya bagi anda yang mendafar di sekolah kedinasan untuk melihat asil seleksinya. Jika nama anda...

Semarak Idul Adha 1445 H, BP Batam Gelar Pemotongan Hewan Kurban

0
berita4.id, BATAM-Masih dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) melalui Badan Koordinasi Dakwah Islam (BKDI) menggelar pemotongan...

Kepala BP Batam dan Ketua Umum PIKORI BP Batam Serahkan 6...

0
Berita4.id, BATAM - Selepas shalat berjamaah Idul Adha bersama masyarakat Kota Batam, Kepala BP Batam/Walikota Batam, Muhammad Rudi menyerahkan secara simbolis hewan qurban, pada...
- Advertisment -