Sunday, October 6, 2024
HomeNasionalTaufan Damanik: HendakBopong Putri, Brigadir J Ditegur Kuat, Rekonstruksi Penembakan Brigadir J

Taufan Damanik: HendakBopong Putri, Brigadir J Ditegur Kuat, Rekonstruksi Penembakan Brigadir J

berita4.id, JAKARTA- Ada saja peristiwa menarik yang belum terkuak selama ini soal kejadian di Magelang, seputar penembakan brigadir J. Menurut Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Rabu (31/8/2022) yang juga ikut langsung menyaksikan rekonstruksi.

Total 74 reka adegan diperagakan selama lebih kurang 7,5 jam, sejak pukul 10.00 WIB sampai sekitar pukul 17.30 WIB.

Awal reka ulang yang tidak ditampilkan Youtube TV Polri ternyata bermula dari peragaan kejadian di Magelang, Senin, 4 Juli 2022. Ketika itu, Brigadir J hendak membopong Putri Candrawathi karena merasa kelelahan, namun ditegur Kuat Ma’ruf. Bharada E alias Richard Eliezer juga ada di sana.

“Peristiwa yang di Magelang tanggal 4, Ibu PC sedang nonton televisi, terus J mau bopong ajak Richard, ditegur sama Kuat,” papar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik kepada wartawan, Rabu (31/8/2022).

Dalam adegan itu, Taufan yang menyaksikan langsung proses rekonstruksi juga mengakui bahwa ancaman dari Kuat kepada Brigadir J atas tindakannya mau membopong Putri.

“Dia hanya mau bopong tapi ga terjadi, karena langsung dilarang, ‘Hei jangan, apaan Kau?’,” kata Taufan sambil menirukan ancaman yang dilontarkan Kuat.

Baca Juga: Brigjen Andi Rian: Ada 78 Adengan akan Diperagakan Para Tersangka, Rekonstruksi Penembakan Brigadir J

“Ada upaya mereka menganggap itu tidak lazim. Mereka bilang ga senonoh, masa dia (Brigadir J) mau bopong ibu, walaupun dia nggak sendiri, dia ajak si Richard, tapi belum dilakukan, ditegur (Kuat),” sambungnya.

Adegan Pelecehan Tidak Diperagakan
Dalam proses rekonstruksi, sejak awal mula dimulai tidak diperagakan adegan pelecehan. Menurut Taufan, hal itu tetap dibenarkan karena terkait tindakan asusila bisa tidak ditayangkan.

“Nggak (tidak diadegankan), tapi dibenarkan kata banyak ahli hukum dibenarkan, kalau itu menyangkut kesusilaan tidak direkonstruksikan,” jelasnya.

Lantas seusai kejadian teguran Kuat, adegan rekonstruksi melompat ke tanggal Kamis 7 Juli 2022 sore. Momennya ketika Susi asisten rumah tangga di keluarga Ferdy Sambo dan Kuat mendengar suara Putri dari kamar. Saat dihampiri, ada Brigadir J di dalam.

“Eh itu iya iya (ada suara Putri), artinya itu kan peristiwa yang di kamar tidak direkonstruksi kan. Iya (ada) Susi dengar ibu nangis-nangis,” kata Taufan.

Terkait penyebab Putri nangis, kata Taufan, tidak dijelaskan jelas apa yang menyebabkan hal tersebut. Hal itu akan terungkap dalam persidangan nantinya.

“Iya dilakukan (Susi dengar suara Putri). Nanti pasti akan diuji oleh hakim dan jaksa di pengadilan, pengacara juga akan menguji,” ucapnya.

Lantas, adegan berlanjut dengan Kuat yang melihat Brigadir J keluar dari kamar sontak emosi langsung mengancamnya memakai pisau. “Iya dia (Kuat) marah, karena dianggapnya ‘kamu ini gangguin ibu aja’,” cerita Taufan.

Taufan menyampaikan jika ancaman dari Kuat itu memiliki konektivitas apabila dikaitkan dengan keterangan Pacar Brigadir J, Vera yang mengaku ditelepon terkait ancaman dari Kuat apabila berani naik ke atas kamar Putri.

“Dia marah, itulah kalau disinkronkan dengan telepon antara J dengan Vera memang dia ceritakan diancam sama si Kuat, salah dengar kan skuad skuad. Ga ada bilang (kenapa diancam), dia telpon sama Vera ga sebut, kenapa diancam? Ga tau tuh si kuat itu, katanya aku ga boleh naik ke atas,” bebernya.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

0
berita4.id- Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah...
- Advertisment -