Sunday, October 6, 2024
HomeInternasionalSeorang Pria Asal Italia Terinfeksi Covid-19, Cacar Monyet, dan HIV Secara Bersamaan

Seorang Pria Asal Italia Terinfeksi Covid-19, Cacar Monyet, dan HIV Secara Bersamaan

berita4.id, ITALIA– Seorang pria berusia 36 tahun asal Italia dilaporkan terpapar Covid-19, cacar monyet, dan HIV pada waktu yang bersamaan. Pria tersebut dinyatakan terinfeksi ketiga penyakit tersebut pada musim panas tahun 2022 ini. Demikian laporan kasus yang diterbitkan dalam Journal of Infection.

Tetapi saat ini, infeksi Covid-19 dan cacar monyet dari pria tersebut sudah dinyatakan hilang tanpa keluhan apapun. Saat ini pria itu ditempatkan untuk menjalani pengobatan HIV.

“Virus cacar monyet dan infeksi Covid-19 dapat terjadi secara bersamaan,” ucap penulis studi tersebut.

“Gejala seperti flu dan kepositifan Covid-19 seharusnya tidak mengecualikan cacar monyet pada individu berisiko tinggi,” ujarnya menambahkan.

Dalam laporan kasus, dokter penyakit menular di Italia menggambarkan bagaimana pria itu pertama kali sakit demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala pada 29 Juni 2022 lalu.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu mengalami gejala tersebut tepat 9 hari setelah dia kembali dari perjalanan 5 hari ke Spanyol.

Pada 2 Juli 2022, dia pun dinyatakan positif Covid-19, dan melihat ruam di lengan kirinya sore itu.

Baca Juga: Wali Kota New York: Ada Sekitar 150.000 Warganya Beresiko Tertular Cacar Monyet

Selama beberapa hari berikutnya, ruam menjadi lepuh kecil dan menyakitkan yang menyebar di wajah, tubuh, kaki, serta glutesnya.

Kemudian pada 5 Juli 2022, pria itu pergi ke unit gawat darurat di sebuah rumah sakit di Catania, Italia, dan dirawat di unit penyakit menular.

Berdasarkan gejala dan perjalanan baru-baru ini ke Spanyol, para dokter menduga pasien juga terkena cacar monyet, sehingga mereka mengumpulkan sampel untuk pengujian.

Pria itu mengatakan bahwa saat berada di Spanyol, dia melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan pria lain, yang telah menjadi faktor risiko infeksi cacar monyet selama kemunculan wabah saat ini.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

0
berita4.id- Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah...
- Advertisment -