Monday, October 7, 2024
HomeLifestyle dan Tips9 Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran

9 Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran

berita4.id-Banyak hal yang dinanti saat Lebaran, salah satunya adalah minuman segar Lebaran yang disajikan. Minuman yang disuguhkan umumnya adalah minuman dalam kemasan yang tinggi kandungan gulanya.

Sajian tersebut memang segar, tetapi tetapi dapat berakibat buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan risiko diabetes atau penyakit gula.

Namun, di sisi lain, kamu tetap memerlukan cairan untuk memastikan hidrasi tubuh terjaga. Apalagi setelah beraktivitas selama Lebaran yang melelahkan.

Lantas, bagaimana cara menyiasatinya? Kamu dapat membuat atau menyajikan minuman Lebaran yang segar dan tetap sehat. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Es Buah
Es buah merupakan salah satu alternatif minuman Lebaran yang menyegarkan dan sehat. Cara membuatnya pun mudah, kamu cukup memotong aneka buah segar seperti pepaya, melon, dan semangka menjadi berbentuk bulat atau dadu kecil.

Kemudian, masukkan buah-buahan tersebut ke dalam air es atau susu. Untuk rasa manis, kamu bisa tambahkan madu. Hindari kental manis atau sirup berlebihan, karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya.

Baca:Batam Siap Layani Pemudik Lewat Jalur Transportasi Udara

2. Es Blewah
Minuman ini juga tak kalah menyegarkan dan sehat, serta tinggi kandungan seratnya. Cara membuatnya kamu dapat menyerut atau mengeruk buah blewah kecil masukkan ke dalam air berisi es batu lalu tambahkan irisan jeruk nipis dan madu untuk menambah kesegarannya.

Minum es blewah juga akan membantu mengatasi sembelit berkat kandungan seratnya yang tinggi. Manfaat ini penting, mengingat di momen Lebaran, kamu tentu akan makan dalam porsi banyak yang dapat memicu sembelit.

3. Es Timun Suri
Es timun suri juga merupakan salah satu minuman Lebaran khas di Indonesia. Selain menyegarkan, minuman ini pun menyehatkan berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Timun suri mengandung antioksidan, vitamin C, dan berbagai vitamin lain yang baik untuk tubuh

Kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga imunitas tubuhmu. Ini tentu diperlukan, mengingat momen Lebaran di tengah pandemi sangat membutuhkan imunitas yang tinggi.

Selain menjaga imun tubuh, es timun suri juga akan membantu melancarkan pencernaan setelah makan banyak makanan berlemak di hari Idul Fitri.

4. Air Kelapa
Minuman segar Lebaran lainnya adalah air kelapa dari buah kelapa muda. Air kepala sendiri terbukti dapat mengembalikan kadar gula darah dan elektrolit dalam tubuh.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

0
berita4.id- Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah...
- Advertisment -