Sunday, October 6, 2024
HomeBatam'Palsukan' Kartu Vaksin 2 dan 3, Kisah Pilu Korban Trafficking di Singapura,...

‘Palsukan’ Kartu Vaksin 2 dan 3, Kisah Pilu Korban Trafficking di Singapura, Sering Dimarahi dan Tak Diberi Makan Satu Hari

berita4.id, BATAM- DS, 30, seorang perempuan asal Tembilahan, termakan janji bahwa kehidupannya akan membaik setelah bekerja di Singapura. Kepada DS, pencari pekerja yang akan bekerja di luar negeri dijanjikan sebagai pengasuh anak di Singapura, dengan penghasilan di atas Rp 5 juta per bulan. Yergiur akan gaji yang ditawarkan, DS pun akhirnya berangkat.

Namun nyatanya, DS menjadi korban perdagangan manusia. Selama di Singapura, DS mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari majikannya. DS pun hanya bertahan 1 bulan di Singapura dan kembali ke Indonesia.

Saat ditemui di kawasan Batam Center, niat DS untuk bekerja di luar negeri berawal dari percakapannya dengan seorang wanita yang bekerja di Singapura, Nur. Percakapan itu dilakukuan melalui media sosial Tiktok.

“Awalnya saya mau ke Malaysia. Kemudian Nur ini suruh saya ke Singapura aja karena di sana lebih enak kerjanya dan lebih jelas (bekerja secara legal),” ujarnya.

Dari obrolan DS bersama Nur di Tiktok itu berlanjut ke percakapan telepon. Nur kemudian merekomendasikan seorang agen penyalur tenaga kerja kepada DS. Mereka menyebut penyalur tenaga kerja itu dengan sebutan Mom Era.

Tidak menunggu lama, DS menguhubungi Mom Era dan ia ditelpon salah satu agency yang ada di Batam. Ketika itu, penjelasan agency tersebut, apabila ia ingin bekerja di Singapura ia akan menjadi pengasuh anak (baby sitter). Padahal, keinginannya mencari rezeki di Singapura ialah sebagai penjaga orang tua.

Setelah DS Sepakat untuk menjadi baby sitter di Singapura, bulan Oktober 2022 lalu, DS melakukan pendaftaran sebagai calon PMI. Selanjutnya, di bulan Desember 2022, ia melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

“Setelah saya nunggu dan di bulan Januari 2023, Mom Era telfon saya dan mengatakan ada job, tapi bukan jaga 2 anak, namun 5 anak yang akan di jaga. Dan posisi saya saat itu masih di kampung,” ujarnya yang saat itu didampingi oleh kuasa hukumnya Norayanti Simaremare.

Di tanggal 26 Januari 2023, dengan harapan bisa merubah nasib keluarganya, DS berangkat ke Singapura melalui Kota Batam. Dalam perjalanan, tiket travel maupun kapal untuk ke Batam menggunakan uang pribadinya, pihak penyalur hanya berjanji akan mengganti uang DS setelah sampai Batam untuk biaya keberangkatannya.

BACA: Diduga mau jadi PMI, Imigrasi Batam Tunda Keberangkatan 2.780 Orang ke Luar Negeri

“Ongkos saya ke Batam dari kampung biaya sendiri, mereka janji akan mengganti, tapi sampai saat ini, ongkos tiket travel saya juga tidak diganti, tapi ya sudahlah, saya ikhlas aja,” jelasnya.

“Saya tiba di Batam dan menandatangani surat perjanjian yang salah satunya ialah akan di kontrak selama 2 tahun, ketika sudah habis masa kontrak boleh pulang, selain itu juga, kita tidak boleh lari, kalau lari akan di cari. Dan tugas saya sebenarnya hanya jaga anak saja, tidak ada bersih-bersih rumah, tapi kenyataannya, semuanya saya yang ngerjain, termasuk jaga 5 orang anak,” lanjutnya.

Setelah beberapa hari di Batam, DS pun melakukan training di PT Allqurrny Bagas Pratama Batam. Tanggal 4 Februari 2023, ia pun berangkat ke Singapura dengan diantar salah satu sopir agen penyalur itu ke pelabuhan internasional Batam Center.

“Tiba di Singapura saya di jemput langsung sama majikan. Dan di hari pertama saya langsung disuruh kerja,” ucapnya.

Betapa kagetnya DS, bayangannya kerja di negeri orang tidak seindah mimpinya. ia mendapatkan majikan yang tidak memiliki perasaan, setiap hari DS selalu dimarahi dan bahkan hak nya saja seperti makan terabaikan, terkadang seharian DS tidak diberikan makan oleh majikannya.

Kantor Agency yang diduga membarangkatan DS ke Singapura

Tidak sampai di situ saja, selain menjaga 5 orang anak majikannya, pekerjaan rumah pun ia kerjakan. Dan ini di luar dari perjanjiannya sebelum diberangkatkan ke negeri singa.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

0
berita4.id- Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah...
- Advertisment -