Sunday, October 6, 2024
HomebugarPenyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

berita4.id– Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah satu sisi pinggang atau keduanya.

Sakit pinggang paling sering disebabkan oleh cedera otot atau sendi di area pinggang, bisa akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Sakit punggung bawah ini juga bisa disebabkan oleh gangguan pada organ ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang.

Penyebab Sakit Pinggang
Dalam banyak kasus, sakit pinggang terjadi akibat cedera pada otot pinggang. Cedera sering kali disebabkan oleh gerak pinggang yang tiba-tiba dan berulang, misalnya saat bermain golf, atau karena mengangkat benda yang terlalu berat.

Sakit pinggang juga bisa terjadi akibat duduk terlalu lama, terutama bila salah posisi duduk dan kursi yang diduduki tidak nyaman. Pada anak-anak, sakit pinggang bisa terjadi akibat sering membawa tas punggung yang terlalu berat.

Faktor lain yang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit pinggang, terutama pada orang dewasa, di antaranya:
– Berusia 30 tahun ke atas
– Memiliki berat badan berlebih
– Kurang berolahraga

Selain cedera, sakit pinggang juga dapat terjadi akibat gangguan pada organ di tulang belakang, atau gangguan pada organ di bagian tubuh lain. Gangguan pada saraf tulang belakang yang dapat menyebabkan sakit pinggang meliputi:

Peradangan pada sendi di tulang belakang
a. Saraf kejepit akibat penonjolan bantalan tulang belakang (hernia nukleus pulposus)
b. Pengikisan bantalan tulang belakang akibat proses penuaan
Penyempitan ruas tulang belakang atau stenosis spinal
c. Cedera tulang belakang akibat terbentur atau kecelakaan
d. Kelainan pada lengkung tulang belakang, seperti kifosis, lordosis, atau skoliosis
Spondylolisthesis

Gangguan pada organ di bagian tubuh lain juga dapat menyebabkan sakit pinggang. f. Pada kondisi ini, sakit bisa dirasakan hanya di salah satu sisi pinggang, bisa kanan atau kiri, tetapi bisa juga di kedua sisi pinggang. Beberapa gangguan pada organ tubuh lain tersebut adalah:
Miom
Infeksi ginjal
Pankreatitis
Batu ginjal
Endometriosis
Usus buntu
Kista ovarium
Sakit pinggang pada masa kehamilan

Sakit pinggang pada masa kehamilan juga merupakan masalah yang sering terjadi. Sejumlah penyebabnya adalah:

  1. Pertambahan berat badan yang membuat tulang belakang menekan pembuluh darah dan saraf di panggul dan bekerja lebih keras untuk menopang tubuh
    Pelepasan hormon yang mengganggu jaringan di sekitar pinggang
    Perubahan postur tubuh yang membuat titik pusat keseimbangan ibu hamil berubah tanpa disadari
  2. Perubahan mood yang menyebabkan otot pinggang menegang

Gejala Sakit Pinggang
Gejala sakit pinggang dapat berbeda-beda pada setiap penderita, tergantung pada penyebabnya. Penderita sakit pinggang dapat mengalami gejala berupa:

Pinggang pegal, kaku, atau seperti ditusuk
Nyeri menjalar dari pinggang ke bokong sampai kaki
Nyeri menjalar dari pinggang ke selangkangan dan alat kelamin
Sulit untuk bergerak dan berdiri tegak karena nyeri di pinggang
Sakit kadang memburuk di malam hari atau saat duduk terlalu lama
Sakit terasa memburuk saat membungkuk, mengangkat benda berat, atau berjalan
Tungkai terasa lemah atau mati rasa, tergantung pada letak saraf yang terjepit
Sakit pinggang biasanya berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu, terutama yang disebabkan oleh cedera otot. Pada beberapa kasus, sakit pinggang bisa berlangsung sampai lebih dari tiga bulan.

Kapan harus ke dokter
Sakit pinggang sering kali sembuh dengan sendirinya. Waspadalah bila sakit pinggang terjadi secara berulang selama 1 bulan dan makin lama makin memburuk meski sedang beristirahat.

Segera ke dokter bila sakit pinggang disertai beberapa gejala di bawah ini, karena bisa menjadi pertanda kondisi yang serius:
Demam
Paha mati rasa
Tungkai terasa lemah
Pinggang sakit saat batuk atau buang air kecil
Gangguan buang air kecil dan buang air besar
Berat badan naik atau malah turun drastis

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila sakit pinggang muncul setelah jatuh atau kecelakaan, atau bila disertai dengan kondisi berikut:
Pernah atau sedang menderita kanker
Menderita osteoporosis
Pernah menggunakan NAPZA suntik
Mengonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka panjang
Sakit pinggang yang berkepanjangan, apalagi disertai dengan sejumlah gejala di atas, bisa menjadi pertanda suatu penyakit serius.

Diagnosis Sakit Pinggang
Untuk menentukan penyebab sakit pinggang, dokter akan menanyakan tentang karakteristik nyeri yang dirasakan dan apa yang membuatnya makin parah atau membaik.

Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk memeriksa refleks dan jangkauan gerak pasien. Bila pasien tidak menunjukkan gejala yang serius, dokter bisa langsung memberikan pengobatan.

Bila sakit pinggang tidak juga hilang setelah beberapa minggu atau muncul gejala yang serius, dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti:

Tes darah, untuk melihat kemungkinan infeksi atau peradangan, meliputi hitung darah lengkap, laju endap darah (LED), dan protein C-reaktif Pemindaian, seperti foto Rontgen, CT scan, dan MRI, untuk memeriksa struktur tulang, otot, dan ligamen, serta mencari tahu jika ada kondisi pemicu lainnya USG ginjal atau organ reproduksi wanita, jika sakit pinggang dicurigai berasal dari masalah di organ tersebut Elektrodiagnostik, meliputi elektromiografi (pemeriksaan aktivitas listrik otot), tes konduksi saraf (pemeriksaan kecepatan transmisi sinyal saraf), dan evoked potential test (pemeriksaan kecepatan hantaran saraf ke otak).

Pengobatan Sakit Pinggang
Penanganan sakit pinggang sebelah kiri maupun kanan tergantung pada penyebabnya. Berikut ini adalah metode pengobatan untuk sakit pinggang, baik yang dilakukan secara mandiri maupun atas anjuran dokter:

Pengobatan sakit pinggang secara mandiri
Untuk sakit pinggang yang disebabkan oleh otot yang tegang, penanganannya dapat dilakukan secara mandiri, antara lain dengan:

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Cara Lihat Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2024 Kemenkumhan

0
berita4.id, BATAM- Tanggal 19 September menjadi hari terakhir pengumuman seleksi administrasi CPNS. Tapi masih banyak juga pelamar yang masih bingung bagaimana melihat hasilnya. Berikut 3...
- Advertisment -