Sunday, October 6, 2024
HomeLifestyle dan TipsBikin Lansia Lebih Sehat, Makanan Super Ini Sangat Direkomendasikan untuk Dikonsumsi...

Bikin Lansia Lebih Sehat, Makanan Super Ini Sangat Direkomendasikan untuk Dikonsumsi Pasca Usia 50 Tahun

JAKARTA, Berita4.id – Pada usia 50 tahun, kebutuhan tubuh mengalami perubahan signifikan.

Pada usia ini, penting bagi lansia untuk lebih selektif dalam memilih makanan guna memastikan tubuh mendapatkan asupan gizi yang cukup dan seimbang.

Dengan metabolisme yang melambat, serta risiko kesehatan seperti osteoporosis, penyakit jantung, dan penurunan massa otot yang meningkat, mengonsumsi makanan bergizi bagi lansia menjadi kunci untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka.

Melansir AARP, berikut ini beberapa  yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang berusia 50 tahun ke atas untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

1. Berries

 

Berries seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan serat, vitamin C, dan flavonoid antioksidan yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Serat dalam berries membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat, mengelola berat badan, dan melindungi dari penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Antioksidan dalam berries juga baik untuk otak, meningkatkan keterampilan motorik dan memori jangka pendek.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin berries dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan degenerasi makula.

2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Sayuran berdaun hijau gelap seperti kale, arugula, brokoli, dan bayam sangat kaya akan kalsium dan serat. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang yang semakin melemah seiring bertambahnya usia.

Selain itu, serat dalam sayuran ini mendukung fungsi pencernaan dan kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran berdaun hijau dapat meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi risiko penyakit jantung serta demensia.

3. Seafood

Seafood seperti salmon, cod, tuna, dan trout adalah sumber protein tanpa lemak dan vitamin B12 yang sangat baik.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

0
berita4.id- Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah...
- Advertisment -