Monday, July 8, 2024
HomeKepriKoni Kepri Terapkan Sport Science Dampingi Atlet di PON Aceh-Sumut

Koni Kepri Terapkan Sport Science Dampingi Atlet di PON Aceh-Sumut

berita4.id, BATAM-Ketua Umum KONI Provinsi Kepri, Usep RS, yang didampingi Waketum Organisasi, Wasekum dan Kabid organisasi,  berkonsultasi dengan pakar Sport Science Prof Syahrial dari Universitas Negeri Padang. Tujuan Kini Kepri sangat jelas, yakni akan mencoba menerapkan sport science demi melahirkan prstasi dibidang olahraga.

Menurut Usep RS, sport science adalah suatu metode yang diprakarsai oleh Prof. Dr. Herbert Haag MS. Sport Science salah satu faktor penunjang untuk melahirkan prestasi di bidang olahraga adalah penerapan Pembinaan atlet juga membutuhkan pelatih berkualitas, penelitian, serta sarana dan pra sarana yang berkualitas.

“Kesimpulannya, sports science sangat dibutuhkan dan sangat berperan dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga. Kita berharap agar semua cabang olahraga di Provinsi Kepri khusuanya yg lolos PON XXI 2024 Aceh-Sumut bisa menerapkan sports science,” jelas Usep.

“KONI Kepri dalam kontingen PON XXI 2024 Aceh-Sumut nanti akan menerapkan sport science dalam pembinaan atlet. Meski tinggal lima bulan lagi menuju PON XXI 2024 Aceh-Sumut, tapi kita yakin hasil yang diharapkan akan mengapai target medali,” beber Usep sambil menyebutkan, pihaknya akan berusaha menggapai target PON dan merobah ranking PON XXI 2024 Kepri menuju yng terbaik.

Suyono, selaku Wakil Ketua Koni Kepri menjelaskan, kemajuan prestasi olahraga pada zaman ini memang tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Namun ada faktor-faktor penunjang seperti halnya sport science.

baca: Ketua KONI Kepri: Gubkepri akan Beri Dana Aspresiasi ke Atlit yang Lolos ke PON Aceh-Sumut 2024

Penerapan sport science yang akan dilakukan antara Koni Kepri dengan Konsultant akan ditindak lanjuti secepatnya, sehingga sport science merupakan perpaduan dari beberapa disiplin ilmu pengetahuan yang saling berhubungan dan sangat komprehensif dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi atlet dan membantu proses pelatihan bagi pelatih.

“Dalam menciptakan tim tangguh diperlukan sport science yang terdiri dari Sports Medicine, Sports Physiology, Sports Biomechanics, Sports Psychology, Sports Nutrition, Sports Intelligence, Coaching, Research, dan Sports Gear. KONI Kepri akan mulai menerapkan sport science melalui pelaksanaan pelatihan pelatih, tes fisik, hingga tes kesehatan,” ungkapnya.

Disebutkan, sport medicine merupakan bagian dari kedokteran olahraga yang menangani tentang pencegahan, evaluasi, pelatihan, dan rehabilitasi cedera pada atlet sehingga bisa kembali lagi beraktivitas seperti latihan dan bertanding. “Istilahnya ada dokter tim yang khusus menangani atlet,”.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Beri Kesempatan Warga Terdampak Pembangunan Rempang Eco-City Pilih Lokasi...

0
berita4.id, BATAM-BP Batam memberikan kesempatan kepada warga terdampak pembangunan Rempang Eco-City untuk memilih lokasi hunian atau rumah baru sesuai site plan. Langkah ini merupakan bentuk...

Acara Tiga Hari Penuh, Membahas Kabar Baik

0
berita4.id, BATAM - Dunia ini terus dibanjiri dengan kabar buruk di media sosial, TV, dan radio. Tapi, ada sebuah acara yang isinya hanya kabar...

Singapura Masih Dominasi Realisasi PMA 2024 di Batam

0
berita4.id, BATAM-Realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Batam kembali mengalami pertumbuhan yang signifikan sepanjang Triwulan I 2024. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI mencatat, nilai...

Kenaikan Tarif Listrik Tambah beban Pelaku Usaha di Batam

0
berita4.d, BATAM- Setelah pemerintah lewat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan menyesuaikan tarif tenaga listrik (tariff adjustment) atau menaikkan tarif listrik PT...

BP Batam Paparkan Progres Pengerjaan House Connection Jaringan IPAL

0
berita4.id, BATAM-BP Batam terus menggesa pengerjaan sambungan pipa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ke 11.000 rumah di Kecamatan Batam Kota. Kepala Biro Humas Promosi dan...
- Advertisment -