Monday, July 8, 2024
HomeLifestyle dan TipsHal yang Harus Dilakukan agar Tak Banyak Lendir di Paru-paru

Hal yang Harus Dilakukan agar Tak Banyak Lendir di Paru-paru

berita4.id– Kesehatan paru paru khususnya bagi warga yang tinggal di perkotaan sangatlah rentan. Pada dasarnya, tak ada satu pun makanan atau minuman yang benar-benar ampuh membersihkan paru-paru secara optimal. Agar paru-paru bersih dari lendir berlebih, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan.

Paru-paru dirancang untuk membersihkan dirinya sendiri melalui berbagai mekanisme. Sel kekebalan khusus di paru-paru membantu Anda tetap sehat dengan membunuh organisme penyebab penyakit.

Dengan mengikuti gaya hidup sehat, Anda dapat membantu memaksimalkan kemampuan paru-paru untuk berfungsi secara maksimal.

Melansir Medicine Net, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar paru-paru tetap sehat dan terhindar dari lendir berlebih.

baca: Muhammad Rudi Ajak Para Dokter Berkolaborasi Dalam Memajukan Sektor Kesehatan

1. Berhenti merokok dan vaping
Merokok atau vaping menjadi salah satu dari apa yang harus dihindari agar paru-paru tidak banyak lendir.

Berhenti merokok merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Merokok dan paparan asap rokok merupakan faktor terbesar dalam produksi lendir berlebih yang kronis.

Merokok telah dikaitkan dengan beberapa penyakit paru-paru, seperti bronkitis kronis, emfisema, dan kanker paru-paru. Bahkan rokok elektrik atau vaping juga dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.

2. Hindari asap rokok
Asap yang dihirup dari rokok orang lain juga dapat memengaruhi kesehatan paru-paru. Penelitian telah menunjukkan bahwa asap yang keluar dari ujung rokok, cerutu, atau pipa lebih tidak tersaring dibandingkan dengan asap yang diembuskan oleh perokok itu sendiri.

Asap sampingan mengandung lebih banyak racun berbahaya daripada asap utama. Artinya, asap yang dihirup oleh perokok pasif bisa lebih merusak paru-paru.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Beri Kesempatan Warga Terdampak Pembangunan Rempang Eco-City Pilih Lokasi...

0
berita4.id, BATAM-BP Batam memberikan kesempatan kepada warga terdampak pembangunan Rempang Eco-City untuk memilih lokasi hunian atau rumah baru sesuai site plan. Langkah ini merupakan bentuk...

Acara Tiga Hari Penuh, Membahas Kabar Baik

0
berita4.id, BATAM - Dunia ini terus dibanjiri dengan kabar buruk di media sosial, TV, dan radio. Tapi, ada sebuah acara yang isinya hanya kabar...

Singapura Masih Dominasi Realisasi PMA 2024 di Batam

0
berita4.id, BATAM-Realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Batam kembali mengalami pertumbuhan yang signifikan sepanjang Triwulan I 2024. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI mencatat, nilai...

Kenaikan Tarif Listrik Tambah beban Pelaku Usaha di Batam

0
berita4.d, BATAM- Setelah pemerintah lewat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan menyesuaikan tarif tenaga listrik (tariff adjustment) atau menaikkan tarif listrik PT...

BP Batam Paparkan Progres Pengerjaan House Connection Jaringan IPAL

0
berita4.id, BATAM-BP Batam terus menggesa pengerjaan sambungan pipa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ke 11.000 rumah di Kecamatan Batam Kota. Kepala Biro Humas Promosi dan...
- Advertisment -