Monday, July 8, 2024
HomeLifestyle dan TipsPunya Masalah Bau Badan yang Kuat, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Punya Masalah Bau Badan yang Kuat, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

berita4.id, JAKARTA – Bau badan memang mengganggu aktivitas ketika ketiak mengeluarkan keringat berlebih. Tapi, bau badan juga bisa disebabkan kondisi medis tertentu atau karena mengosumsi makanan tertentu.

Keringat sendiri pada dasarnya tidaklah berbau. Bau badan berasal dari bakteri yang hidup di bagian tubuh yang berkeringat, seperti ketiak. Saat seseorang berkeringat, bakteri ini akan memecah protein tertentu dalam keringat dan menjadi asam, sehingga menimbulkan bau.

Keringat yang menghasilkan bau badan tergantung pada kelenjar yang mengeluarkannya. Lebih mungkin mengalami bau badan jika keringat berasal dari kelenjar apokrin, yang mengeluarkan keringat dari folikel rambut yang terdapat di ketiak, selangkangan, dan area kemaluan. Keringat dari kelenjar ini, yang dihasilkan saat seseorang kepanasan atau stres, mengandung lemak dan senyawa lain yang berbau ketika diuraikan oleh bakteri.

Baca Juga: KPK Sebut OTT Kajari Bondowoso Dilakukan Terkait Dugaan Suap Pengurusan Perkara 

Sebaliknya, kelenjar ekrin ditemukan di seluruh kulit dan mengeluarkan keringat melalui saluran untuk mengatur suhu tubuh. Keringat ini kekurangan lemak dan senyawa lain yang berbau ketika dipecah oleh bakteri.

 

Selain itu, terdapat juga fakstor eternal yang dapat menjadi penyebab munculnya bau badan.

  1. Perubahan Berat Badan

Saat berat badan bertambah, seseorang mungkin akan mengalami lebih banyak lipatan kulit. Lipatan ini dapat menampung keringat dan bakteri, sehingga menciptakan kondisi bau badan yang menyengat.

  1. Makanan

Bawang merah, bawang putih, dan beberapa sayuran persilangan mengandung belerang yang dapat menumpuk dan keluar melalui kelenjar ekrin, sehingga membuat bau badan semakin kuat.

Makanan pedas juga bisa membuat tubuh lebih banyak berkeringat, yang pada akhirnya bisa memberi aroma yang lebih kuat.

  1. Kondisi Medis

Beberapa kondisi dapat mengubah aroma tubuh normal seseorang, seperti diabetes, masalah ginjal atau penyakit hati, dan tiroid yang terlalu aktif. Beberapa kondisi genetik yang sangat langka juga dapat mengubah bau badan.

Dalam beberapa kasus, bau badan yang aneh bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius. Misalnya, bau seperti pemutih atau urin mungkin mengindikasikan masalah ginjal atau hati.

  1. Stres

Stres dapat meningkatkan detak jantung dan mengirimkan sinyal ke kelenjar keringat untuk mulai memproduksi keringat guna membantu mengatur suhu tubuh dan menyeimbangkan cairan tubuh. Meskipun keringat mungkin dikeluarkan melalui kelenjar ekrin, sebagian besar keringat akibat stres akan keluar dari kelenjar apokrin, yang menghasilkan keringat lebih berbau.

  1. Genetik

Jika memiliki anggota keluarga dengan keringat yang bau, kemungkinan besar keturunannya juga akan mengalaminya. Gen adalah salah satu faktor yang menentukan bau badan seseorang.

  1. Keringat Berlebihan (Hiperhidrosis)

Suatu kondisi yang disebut hiperhidrosis dapat menyebabkan seseorang banyak berkeringat. Orang dengan kondisi ini mungkin berkeringat meski tidak merasa kepanasan atau stres berlebihan.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Beri Kesempatan Warga Terdampak Pembangunan Rempang Eco-City Pilih Lokasi...

0
berita4.id, BATAM-BP Batam memberikan kesempatan kepada warga terdampak pembangunan Rempang Eco-City untuk memilih lokasi hunian atau rumah baru sesuai site plan. Langkah ini merupakan bentuk...

Acara Tiga Hari Penuh, Membahas Kabar Baik

0
berita4.id, BATAM - Dunia ini terus dibanjiri dengan kabar buruk di media sosial, TV, dan radio. Tapi, ada sebuah acara yang isinya hanya kabar...

Singapura Masih Dominasi Realisasi PMA 2024 di Batam

0
berita4.id, BATAM-Realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Batam kembali mengalami pertumbuhan yang signifikan sepanjang Triwulan I 2024. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI mencatat, nilai...

Kenaikan Tarif Listrik Tambah beban Pelaku Usaha di Batam

0
berita4.d, BATAM- Setelah pemerintah lewat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan menyesuaikan tarif tenaga listrik (tariff adjustment) atau menaikkan tarif listrik PT...

BP Batam Paparkan Progres Pengerjaan House Connection Jaringan IPAL

0
berita4.id, BATAM-BP Batam terus menggesa pengerjaan sambungan pipa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ke 11.000 rumah di Kecamatan Batam Kota. Kepala Biro Humas Promosi dan...
- Advertisment -