Monday, October 7, 2024
HomeLifestyle dan Tips9 Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran

9 Minuman Sehat dan Segar untuk Jamuan Lebaran

Manfaat ini penting ketika Lebaran, karena kamu akan banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat, seperti kue kering. Air kelapa juga sudah banyak dikenal bermanfaat untuk membantu mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah.

Manfaat tersebut penting, karena di hari Idul fitri, kamu akan cenderung banyak makan makanan berlemak dan dengan kadar gula tinggi. Supaya lebih segar dan menambah cita rasa, kamu dapat menambahkan es batu dan potongan daging kelapa ke dalam minumannya.

5. Es Jeruk Selasih
Siapa yang tak familiar dengan es jeruk? Minuman segar ini juga sangat cocok sebagai minuman untuk Hari Raya Idul Fitri. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu memeras jeruk dan menambahkan air dan es batu. Tambahkan gula secukupnya untuk mengimbangi asam dari jeruk. Untuk menambah kandungan serat di dalamnya, kamu bisa tambahkan biji selasih.

6. Wedang Jahe
Minuman lebaran berbahan dasar rempah ini mengandung mineral dan mendukung kinerja bakteri baik dalam saluran pencernaan. Tak hanya itu, wedang jahe juga melindungi tubuh dari peradangan.

Untuk membuatnya, kamu bisa merebus jahe yang sudah dipipihkan dan campurkan dengan gula merah yang telah dihaluskan. Setelah mendidih, saring untuk membersihkan ampas jahe, lalu sajikan selagi hangat.

7. Smoothies
Berbeda dengan jus, smoothies tidak disaring, sehingga semua manfaat buah dan sayur bisa kamu dapatkan. Kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, serta serat di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Tambahkan juga kacang-kacangan atau biji-bijian ke dalamnya. Selain menambah cita rasa, nutrisi dalam smoothies dapat lebih meningkat.

8. Susu Almond
Susu almond memiliki kadar vitamin E dan omega 9 yang tinggi. Selain itu, susu ini juga merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh dengan kalori yang cukup rendah. Kamu dapat membeli susu almond yang rendah gula dan terfortifikasi dengan berbagai zat gizi atau membuatnya sendiri di rumah.

9. Air Putih
Bagaimana pun juga, sebagian besar tubuh manusia tersusun atas cairan. Jenis cairan yang baik untuk memenuhinya tidak lain adalah air putih. Karenanya, minuman yang tak boleh terlewatkan untuk disajikan saat Lebaran adalah air putih. Untuk menambah kesegarannya, kamu dapat menambahkan es batu di dalamnya.

Jadi, tak perlu bingung lagi jenis minuman segar lebaran yang harus kamu sajikan. Beberapa pilihan di atas dapat kamu hidangkan sebagai bagian dari minuman untuk hari raya Idul Fitri. ***

sumber: klikdokter.com

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

0
berita4.id- Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah...
- Advertisment -