Saturday, June 22, 2024
HomeOlahragaWajib Tahu, Ini Teknik Dasar Tenis Meja

Wajib Tahu, Ini Teknik Dasar Tenis Meja

berita4.id, JAKARTA– Olahraga tenis meja atau pingpon semakin digemari masyarakat. Apalagi semasa pandemi. Sebab olahraga ini tak memakan banyak lahan, bisa main di garasi. Ini karena sarana seperti mejanya bisa dilipat.

Apalahi olahraga ini dapat dilakukan oleh hampir setiap orang, baik orang dewasa maupun anak muda. Permainan dari tenis meja memang terlihat sederhana untuk dimainkan.

Bagi pembaca, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa teknik dasar tenis meja yang perlu dikuasai. Khususnya bagi para pemula yang saat ini sedang mencoba melakukan olahraga tersebut.

Penting Dibaca: Olahraga Otomotif Diharap Dorong Kemajuan Sektor Pariwisata, Gubkepri Hadiri Pelantikan Pengurus IMI Kepri

Teknik Dasar Tenis Meja yang Perlu Diketahui
Ada beberapa teknik dasar untuk olahraga tenis meja yang perlu dikuasai terlebih dahulu, yaitu:

1. Teknik memegang bet (grip)
Cara memegang raket yang baik merupakan salah satu faktor utama yang berperan penting dalam permainan tenis meja. Nah, berikut adalah beberapa teknik memegang bet:

Shakehand grip
Teknik pertama adalah pegangan shakehand grip yang berasal dari kata bahasa inggris shakehand (berjabat tangan). Artinya, shakehand grip merupakan teknik memegang raket seperti sedang menjabat tangan seseorang. Untuk melakukannya, kamu perlu memegang tangkai bet dengan jari manis dan jari kelingking, sedangkan jari tengah ikut menempel. Sementara itu, jari telunjuk perlu menempel pada permukaan backhand bet dan ibu jari perlu ditempelkan pada permukaan forehand bet dengan rileks dekat jari tengah.

Penholder grip
Teknik penholder grip atau dikenal sebagai Asia grip dapat diartikan sebagai memegang pena. Teknik ini merupakan satu di antara teknik dengan menggunakan posisi tangan yang memegang bet mirip dengan memegang sebuah pena.

Dengan teknik penhold grip, saat melakukan pukulan forehand dan backhand dapat dilakukan dengan cepat. Menggunakan teknik penhold grip hanya dapat dilakukan dengan memakai satu sisi bet. Cara melakukannya pun cukup mudah, karena bet perlu diarahkan ke bawah. Sementara itu, pegangan bet berada di antara ibu jari dan jari telunjuk yang ada di atas bidang pada pukulan bet.

Seemiller grip
Selain shakehand dan penholder, ada juga teknik seemiller grip atau American grip. Teknik grip ini merupakan teknik yang hampir mirip dengan teknik shakehand grip. Perbedaannya terletak pada penempatan jari telunjuk dalam teknik seemiller grip yang berada tepat pada posisi bet, sehingga posisi kaki berada pada sudut 90 derajat dari posisi tubuh pemain tenis meja.

2. Stance (posisi tubuh)
Teknik dasar tenis meja selanjutnya adalah stance yang berkaitan dengan posisi tubuh pemain. Perlu diketahui bahwa dalam tenis meja, posisi tubuh yang benar adalah dalam bentuk siap siaga. Nah, ada dua teknik stance, yakni side stance (memposisikan tubuh menyamping ke kiri maupun kanan) dan teknik square stance. Teknik square stance sendiri diartikan sebagai posisi tubuh yang berhadapan ke arah atau menghadap meja tenis.

Meski perlu bersiaga, sangat penting untuk tetap memiliki sikap santai saat bermain tenis meja. Biarkan otot-otot tubuh bagian atas seperti lengan serta bahu untuk tetap rileks. Selain itu, otot-otot kaki juga perlu dalam keadaan siap tetapi rileks agar selalu siap untuk bergerak.

Salah satu cara untuk mencapai tubuh yang rileks adalah melalui pernapasan dalam, yaitu melalui perut. Untuk melakukannya, ambil napas dalam-dalam, kembangkan paru-paru, lalu keluarkan semuanya. Saat kamu mengeluarkan napas, biarkan tubuh bagian atas turun secara alami. Kamu juga perlu merasakan keseimbangan meningkat, dan inti tubuh yang menjadi lebih kokoh.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Terus Lakukan Pendekatan ke Warga Rempang yang Menolak Relokasi

0
berita4.id, BATAM-Sebagian kecil masyarakat Rempang masih melakukan upaya penolakan pengembangan Rempang Eco City. Penolakan tersebut, dilaksanakan dalam berbagai kegiatan diberbagai lokasi di Pulau Rempang....

Kepala BP Batam Sambut Peserta Kejurnas Road Race and Mountain Bike...

0
berita4.id, BATAM-Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Muhammad Rudi hadiri welcome dinner untuk menyambut para peserta Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024 pada...

Lihat Hasil Seleksi Administrasi Sekolah Kedinasan,Ini Caranya

0
berita4.id, BATAM- Setelah melalui tahapan pendaftaran, kini sudah mulai saatnya bagi anda yang mendafar di sekolah kedinasan untuk melihat asil seleksinya. Jika nama anda...

Semarak Idul Adha 1445 H, BP Batam Gelar Pemotongan Hewan Kurban

0
berita4.id, BATAM-Masih dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) melalui Badan Koordinasi Dakwah Islam (BKDI) menggelar pemotongan...

Kepala BP Batam dan Ketua Umum PIKORI BP Batam Serahkan 6...

0
Berita4.id, BATAM - Selepas shalat berjamaah Idul Adha bersama masyarakat Kota Batam, Kepala BP Batam/Walikota Batam, Muhammad Rudi menyerahkan secara simbolis hewan qurban, pada...
- Advertisment -