Friday, June 14, 2024
HomeBisnisIni 5 Manfaat Accounting Software dalam Perusahaan

Ini 5 Manfaat Accounting Software dalam Perusahaan

berita4.id, JAKARTAAccounting software telah menjadi kebutuhan vital dalam menjalankan segala jenis bisnis. Pemilik bisnis mulai menyadari pentingnya mengelola keuangan dengan bantuan teknologi karena manual tidak akan membantu mencapai hasil yang diharapkan. Pengelolaan keuangan yang seharusnya membantu dalam mengelola anggaran perusahaan dengan efisien malah menjadi penyebab kerugian finansial.

Jika Anda berpikir untuk mengotomatiskan segala kegiatan keuangan Perusahaan Anda, maka Sebelum memutuskan mengimplementasikan accounting software harus terlebih dahulu paham bagaimana cara kerjanya dan keuntungannya untuk bisnis atau perusahaan Anda.

Apa Itu Accounting Software?
Sistem akuntansi dirancang bagi profesional untuk mengelola akun dan menyederhanakan kegiatan pengelolaan keuangan dalam organisasi atau bahkan perusahaan. Sistem akuntansi berkisar dari program entri yang sederhana untuk menyimpan pencatatan, hingga sistem yang lebih canggih lagi yang dapat digunakan untuk mengelola hutang piutang, faktur, buku besar, gaji serta aset perusahaan.

Baca Juga: Sudah Terbukti, Sistem Online Timesheet Dapat Tingkat Kinerja Karyawan Selama WFH

Banyak perusahaan yang sudah mulai beralih ke accounting software. Perangkat lunak ini memungkinkan pemilik usaha dapat melacak transaksi keuangan secara instan untuk dimunculkan dalam berbagai format laporan keuangan.

Sebelum adanya accounting software, tugas pengelolaan keuangan dilakukan secara manual menggunakan jurnal transaksi. Pelaporannya pada dasarnya tidak praktis karena seorang akuntan harus mengentri secara manual.

Dengan adanya software akuntansi ini, seluruh proses akan diotomatiskan sehingga dapat mengurangi biaya akuntansi, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik melalui pelaporan keuangan dalam waktu nyata.

Manfaat Diterapkannya Accounting Software dalam Perusahaan
Bagi para akuntan profesional, accounting software adalah aset yang sangat berharga bagi perusahaan yang dapat secara signifikan membantu meningkatkan efisiensi manajemen keuangan. Masih ada banyak lagi manfaat yang diberikan software ini, di antaranya:

1. Mengontrol Keuangan
Accounting software memungkinkan pemilik usaha dapat mengontrol keuangannya secara otomatis meskipun bukan ahli akuntansi. Dengan adanya sedikit pelatihan dasar, mereka dapat mengelola operasi akuntansi menggunakan komputer maupun perangkat seluler tanpa harus membayar pihak ketiga untuk mengontrol anggaran perusahaannya.

2. Hemat Biaya
Accounting software akan mengotomatiskan penghitungan prosedur administratif serta mengontrol kerangka pendapatan perusahaan, sehingga tidak perlu mengalihkan pengelolaan keuangan ke pihak lain. Perangkat lunak ini dapat mengurangi biaya terkait pencetakan dan pendistribusian dokumentasi karena semua data akan disimpan secara digital di lokasi yang terus dipantau.

3. Akurasi Data Tinggi
Salah satu manfaat penting dari adanya accounting software adalah dapat mengurangi kesalahan manusia atau human error yang terjadi selama proses penghitungan dan pemasukan data. Ketidakakuratan dalam mengelola laporan keuangan dapat berdampak pada masa hidup usaha Anda, dan perangkat lunak ini mencegah masalah tersebut dapat terjadi.

4. Kecepatan Pengambilan Keputusan
Keunggulan utama penerapan accounting software yang canggih ini sangat menentukan kecepatan dalam mengambil keputusan. Tanpa solusi yang otomatis, Anda kesulitan memahami kondisi keuangan Anda.

Ini akan membantu memberi Anda angka yang digunakan untuk mencari tahu titik memotong pengeluaran atau titik harus berinvestasi lebih banyak. Dengan adanya gambaran yang jelas tentang keadaan keuangan perusahaan saat ini, Anda dapat mengembangkan strategi lebih cerdas dan mengalokasikan sumber daya lebih mudah.

5. Data Keuangan yang Aman
Data keuangan merupakan informasi paling rahasia dan sangat dilindungi agar tidak jatuh ke tangan yang salah. accounting software memastikan data keuangan tetap aman dengan menyimpannya di sistem yang dilindungi oleh firewall.

Fitur dan Keunggulan Accounting Software
Berbagai jenis perusahaan tak lepas dari proses akuntansi yang menjadi urusan catat mencatat keuangan usaha Anda. Diperlukan seorang akuntan yang mampu mengurus proses akuntansi yang berjalan dalam sebuah perusahaan.

Namun sayangnya, tenaga manual dari seorang akuntan memiliki beberapa kelemahan seperti terjadinya human error dan proses kurang cepat dan akurat. Hal ini sebagai dasar dan latar belakang dari munculnya accounting software di Indonesia untuk menjawab segala permasalahan yang ada.

Dengan memanfaatkan beragam fitur accounting software menjadikan proses akuntansi perusahaan lebih tepat dan efisien sehingga hasilnya lebih optimal. Berikut beberapa fitur yang bermanfaat dari software tersebut yang dapat membantu segala operasional bisnis, di antaranya:

1. Laporan Keuangan
Sudah bukan hal baru lagi bahwa accounting software akan membantu segala proses laporan keuangan perusahaan seperti laporan laba rugi, kas, neraca perubahan modal, dan sebagainya. Dengan menggunakan fitur dari software ini akan memudahkan dalam membuat laporan keuangan cepat dan tepat. Laporan yang dibuat juga dalam berbagai macam bentuk seperti diagram grafik, tabel, garis, maupun lingkaran.

2. Financial Forecasting
Fitur financial forecasting digunakan sebagai alat mengontrol keuangan perusahaan dengan bijak. Fitur ini mengoptimalkan keuntungan serta menghilangkan biaya yang tidak perlu. Dalam segala kegiatan bisnis, menentukan estimasi biaya dan pendapatan harus dilakukan secara tepat maka dari itu fitur financial forecasting sangat membantu untuk mengatur perencanaan keuangan dalam perusahaan.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

Li Claudia Chandra, Kandidat Pertama Ambil Berkas Pendaftaran Pilwako di PPP

0
berita4.id, BATAM- Ketua DPC Partai Gerindra Nyangnyang Haris Pratamura atas nama Li Claudia Chandra jadi orang pertama yang mengambil berkas pendaftaran untuk calon kepala daerah...

Update Rempang Eco-City, Jumlah Warga Tempati Hunian Sementara Terus Bertambah

0
berita4.id, BATAM - Jumlah warga terdampak pengembangan Rempang Eco-City yang telah menempati hunian sementara terus bertambah menjadi 103 Kepala Keluarga (KK), Senin (10/6/2024). Terbaru, BP...

Deputi Kemenko Polhukam Optimis Rampung Sesuai Dengan Target

0
berita4.id, BATAM-Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam, Sugeng Purnomo optimis proyek pembangunan hunian baru untuk warga yang terdampak pengembangan Rempang...

Ikut Bertanggungjawab Jaga Lingkungan, HKBP Tolak Tawaran Izin Kelola Tambang

0
berita4.id, JAKARTA- Rencana presidan RI Joko Widodo yang menawarkan izin pengelolaan tambang ke ormas keagamaan mendapat penolakan. Salah satu penolakan dilakukan oleh Huria Kristen...

38 Pegawai BP Batam Ikuti Pelatihan Teknis SMKU 2024

0
berita4.id, BATAM - Sebanyak 38 pegawai BP Batam mengikuti kegiatan pelatihan Teknis Sistem Manajemen Kelangsungan Usaha (SMKU) Tahun 2024 di Gedung IT, Batam Center,...
- Advertisment -