Sunday, October 6, 2024
HomeLifestyle dan TipsIni Manfaat Kondom saat Berhubungan Badan

Ini Manfaat Kondom saat Berhubungan Badan

berita4.id- Kondom sebagai alat kontrasepsi sekali pakai memiliki beragam manfaat memakai kondom saat berhubungan seks.

Selain bisa mencegah kehamilan, kondom berperan penting dalam mencegah risiko terjangkitnya infeksi penyakit menular seksual (IMS) yang bisa membahayakan kesehatan.

Merujuk dari Healthline, di bawah ini terdapat manfaat kondom yang perlu diketahui supaya aktivitas keintiman Anda bersama pasangan lebih aman.

1. Mencegah infeksi menular seksual
Infeksi menular seksual adalah penyakit yang ditularkan melalui alat kelamin dari kegiatan seks secara vaginal, oral (melalui mulut), atau anal (melalui dubur).

Peluang terjadinya infeksi penyakit tersebut bisa disebabkan karena tidak memakai kondom sama sekali, atau salah dalam memasang kondom.

Supaya tidak tertular infeksi dari virus, bakteri, atau jamur, pastikan Anda memakai kondom sesuai petunjuk pada kemasan, dan tidak menggunakannya secara berulang.

Baca Juga: Ternyata Posisi Seks Berpengaruh Pada Kesuburan, Harap Dicoba!

2. Meminimalkan cedera saat berhubungan seks
Ilustrasi. Salah satu manfaat memakai kondom saat berhubungan seks yaitu mencegah terjadinya cedera (Foto: iStockphoto/Nutshanon Manmuang)
Ada banyak jenis cedera yang bisa terjadi saat berhubungan seks. Misalnya genital burning yaitu panas pada penis atau vagina, vaginal tears yang berupa nyeri, atau fraktur penis yaitu penis patah.

Cedera kelamin rata-rata dipengaruhi oleh gerakan saat berhubungan seks yang terlalu kencang dan kuat. Apabila memakai kondom, Anda dapat mengantisipasi cedera tersebut.

Jumlah cairan pelumas yang banyak pada lapisan kondom dirancang untuk melancarkan proses penetrasi sehingga risiko cedera kelamin jadi lebih rendah.

3. Menurunkan risiko kehamilan
Memakai kondom yang tepat dan benar selama berhubungan seks dapat mencegah risiko kehamilan yang tidak diinginkan hingga 98 persen.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

BP Batam Serahkan Rumah Baru Tanjung Banun kepada Warga Terdampak

0
berita4.id, BATAM-BP Batam telah menyerahkan rumah permukiman baru bagi 3 warga Rempang pertama. Kegiatan bertempat di Tanjung Banun, Sembulang, Galang, pada Rabu pagi (25/9/2024), diawali dengan...

Ingat, Lowongan PPPK 2024 Dibuka, Ini Caranya hingga Syaratnya

0
berita4.id, JAKARTA- Bagi warga yang beringinan mencari kerja, ini salah satu solusinya.Warga bisa mencoba peruntukkan bekerja pemerintahan dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

Menang Lawan Timor Leste, Tren Positif Tim U-20 Indonesia Terus Berlanjut

0
berita4.id- Tim U-20 Indonesia kembali membuat bangga bangsa dan negara di laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 Grup F. Kali ini Garuda Nusantara menang...

Ketua Kadin Kepri: Bersaing dengan Johor-Singapura SEZ, Perlu Kebijakan Khusus untuk...

0
berita4.id, BATAM- Ketua Kadin Kepri Ahmad Maruf Maulana mengatakan, kebijakan yang kurang menguntungkan pengusaha khususnya penanam modal dari luar negeri akan membuat pengusaha untuk...

Penyebab dan Penanganan Sakit Pinggang

0
berita4.id- Warga yang hidup di perkotaan sering mengeluhkan sakit pinggang. Penderita sakit pinggang bisa mengalami sakit yang hilang timbul atau terus menerus, pada salah...
- Advertisment -