Thursday, June 13, 2024
HomebugarIni Manfaat Cuka Apel

Ini Manfaat Cuka Apel

berita4.id JAKARTA – Selain langsung dimakan, ternyata banyak manfaat dari buah apel. Bisa juga dibuat jadi cuka apel. Cuka apel adalah olahan buah apel sebagai obat rumahan ataupun tambahan bumbu yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai masakan.

Hal ini dikarenakan bahan dapur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Inilah manfaat cuka apel versi Healthline dan webmd!

1. Membantu membunuh bakteri berbahaya
Cuka punyai fungsi dapat membantu membunuh salah satu bakteri berbahaya yang bernama patogen, hal ini sama fungsinya ketika ekstrak apel dibuat menjadi cuka.

Dalam pengobatan tradisional, cuka dipergunakan untuk membersihkan serta mendisinfeksi, mengobati jamur kuku, kutu, kutil hingga infeksi telinga.

Bahkan Hipocrates pada lebih 2000 tahun yang lalu telah menggunakan cuka untuk membersihkan luka. Penelitian juga menunjukkan bahwa cuka dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli yang dapat merusak makanan. Cuka apel juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan yang alami. Beberapa orang menggunakan cuka apel untuk mengobati jerawat, namun hal ini masih perlu konfirmasi dari penelitian.

2. Membantu menurunkan kadar gula darah
Menghindari karbohidrat dan gula memang salah satu cara yang paling sehat untuk mengatur kadar gula darah, namun cuka apel juga bisa jadi alternatif lain.

Penelitian menunjukkan cuka dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 19 sampai 34% dengan makanan tinggi karbohidrat, serta dapat menurunkan gula darah dan respons insulin secara signifikan.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada lima orang sehat, cuka dapat mengurangi gula darah hingga 31,4% setelah mengonsumsi 50 gram roti putih.

Selain itu salah satu penelitian juga menunjukkan bahwa cuka dapat meningkatkan fungsi insulin.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

Li Claudia Chandra, Kandidat Pertama Ambil Berkas Pendaftaran Pilwako di PPP

0
berita4.id, BATAM- Ketua DPC Partai Gerindra Nyangnyang Haris Pratamura atas nama Li Claudia Chandra jadi orang pertama yang mengambil berkas pendaftaran untuk calon kepala daerah...

Update Rempang Eco-City, Jumlah Warga Tempati Hunian Sementara Terus Bertambah

0
berita4.id, BATAM - Jumlah warga terdampak pengembangan Rempang Eco-City yang telah menempati hunian sementara terus bertambah menjadi 103 Kepala Keluarga (KK), Senin (10/6/2024). Terbaru, BP...

Deputi Kemenko Polhukam Optimis Rampung Sesuai Dengan Target

0
berita4.id, BATAM-Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam, Sugeng Purnomo optimis proyek pembangunan hunian baru untuk warga yang terdampak pengembangan Rempang...

Ikut Bertanggungjawab Jaga Lingkungan, HKBP Tolak Tawaran Izin Kelola Tambang

0
berita4.id, JAKARTA- Rencana presidan RI Joko Widodo yang menawarkan izin pengelolaan tambang ke ormas keagamaan mendapat penolakan. Salah satu penolakan dilakukan oleh Huria Kristen...

38 Pegawai BP Batam Ikuti Pelatihan Teknis SMKU 2024

0
berita4.id, BATAM - Sebanyak 38 pegawai BP Batam mengikuti kegiatan pelatihan Teknis Sistem Manajemen Kelangsungan Usaha (SMKU) Tahun 2024 di Gedung IT, Batam Center,...
- Advertisment -