Thursday, June 13, 2024
HomeInternasionalKutub Utara Mencair Empat Kali Lebih Cepat, Permukaan Laut akan Naik

Kutub Utara Mencair Empat Kali Lebih Cepat, Permukaan Laut akan Naik

berita4.id, AMERIKA -Kutub Utara mencair lebih cepat. Ini membuat kawasan itu memanas empat kali lebih cepat daripada bagian dunia lainnya. Tentu akan meningkatkan risiko krisis iklim bagi seluruh planet.

Lembaga ilmiah seperti Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat (NOAA) sebelumnya mengatakan bagian utara planet ini memanas dua kali lebih cepat dari wilayah lain. Tetapi hasil baru yang diterbitkan pada Kamis (11/8) dalam jurnal Communications Earth & Environment, menemukan bahwa Arktika atau Kutub Utara secara keseluruhan menghangat lebih cepat dalam empat dekade terakhir, dikutip dari The Independent, Jumat (12/8).

Suhu global meningkat karena emisi gas rumah kaca yang disebabkan manusia, terutama dari penggunaan bahan bakar fosil.

Penelitian baru ini diterbitkan sehari setelah temuan mengejutkan dari sisi lain dunia. Sebuah tim ilmuwan internasional menerbitkan penelitian pada hari Rabu yang menyatakan Lapisan Es Antartika Timur, yang dikenal sebagai “raksasa tidur”, dapat menaikkan permukaan laut hingga lima meter dalam beberapa abad mendatang jika pemanasan planet terus berlanjut.

Kenaikan permukaan laut juga didorong oleh pemanasan di Kutub Utara, yang telah membantu mencairkan lapisan es Greenland yang luas – yang berarti pemanasan suhu di kedua kutub dapat memiliki konsekuensi serius secara global.

Studi baru dimulai setelah serangkaian gelombang panas yang intens di Kutub Utara pada tahun 2020, kata Mika Rantanen, seorang ilmuwan iklim di Institut Meteorologi Finlandia dan penulis utama penelitan.

Rantanen dan rekan-rekannya menilai pemanasan Kutub Utara dari data suhu yang diamati yang dikumpulkan antara 1979 dan 2021. Dia mengatakan, data satelit yang bagus adalah kunci untuk mempelajari Arktika yang terpencil, yang pertama kali tersedia pada 1979.

Para penulsi menemukan, sejak saat itu, Arktika secara keseluruhan telah menghangat 3,8 kali lebih cepat dari rata-rata global.

Baca Juga: Mengenai Kota Batam yang Perlu Diketahui

Tingkat pemanasan tidak seragam di seluruh Arktika. Secara umum, daerah yang lebih dekat ke Kutub Utara menghangat lebih cepat daripada daerah yang lebih jauh ke selatan.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

Update Rempang Eco-City, Jumlah Warga Tempati Hunian Sementara Terus Bertambah

0
berita4.id, BATAM - Jumlah warga terdampak pengembangan Rempang Eco-City yang telah menempati hunian sementara terus bertambah menjadi 103 Kepala Keluarga (KK), Senin (10/6/2024). Terbaru, BP...

Deputi Kemenko Polhukam Optimis Rampung Sesuai Dengan Target

0
berita4.id, BATAM-Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam, Sugeng Purnomo optimis proyek pembangunan hunian baru untuk warga yang terdampak pengembangan Rempang...

Ikut Bertanggungjawab Jaga Lingkungan, HKBP Tolak Tawaran Izin Kelola Tambang

0
berita4.id, JAKARTA- Rencana presidan RI Joko Widodo yang menawarkan izin pengelolaan tambang ke ormas keagamaan mendapat penolakan. Salah satu penolakan dilakukan oleh Huria Kristen...

38 Pegawai BP Batam Ikuti Pelatihan Teknis SMKU 2024

0
berita4.id, BATAM - Sebanyak 38 pegawai BP Batam mengikuti kegiatan pelatihan Teknis Sistem Manajemen Kelangsungan Usaha (SMKU) Tahun 2024 di Gedung IT, Batam Center,...

Penerima Konsesi Merupakan Subjek Pajak yang Wajib Memenuhi Kewajiban Pembayaran Pajak...

0
berita4.id, BATAM - Badan Pengusahan Batam (BP Batam) menanggapi pemberitaan yang muncul berkaitan dengan keterangan PT Adhya Tirta Batam (ATB) yang menyatakan dalam Hak...
- Advertisment -