Thursday, June 13, 2024
HomeBatamBank Indonesia Edukasi dan Sosialisasi Pengembangan Ekonomi Serta Keuangan Syariah

Bank Indonesia Edukasi dan Sosialisasi Pengembangan Ekonomi Serta Keuangan Syariah

berita4.id, BATAM – Dalam rangka akselerasi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, Bank Indonesia bekerja sama dengan stakeholders terkait senantiasa melaksanakan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, sebagai bagian dari strategi utama dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia (BI) Kepri, Musni Hardi K Atmaja mengatakan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melalui kampanye masal, seminar, workshop serta talkshow. Sejak tahun 2014, Bank Indonesia rutin menyelenggarakan kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

ISEF merupakan event tahunan yang terdiri dari dua kegiatan utama yaitu Sharia Economic Forum dan Sharia Fair. Kegiatan forum terdiri dari seminar/workshop, sedangkan sharia fair terdiri dari berbagai perlombaan dan pameran bagi pelaku usaha industri halal, pesantren maupun lembaga keuangan.

“Selain penyelenggaraan ISEF yang berskala nasional, Bank Indonesia juga menyelenggarakan kegiatan sejenis yang berskala regional yang dikemas sebagai agenda road to ISEF yaitu Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang pertama kali dilaksanakan tahun 2017,” ujarnya, Jumat (05/08/2022).

Ia menjelaskan, sejak tahun 2017, FESyar dilaksanakan di tiga lokasi yang mewakili wilayah Jawa, Sumatera dan Kawasan Timur Indonesia.

sementara pada tahun 2022 ini, wilayah Jawa dipusatkan di Provinsi Jawa Timur, Kawasan Timur Indonesia dipusatkan di Provinsi Sulawesi Selatan sedangkan Sumatera dipusatkan di Provinsi Aceh. Fesyar Sumatera 2022 mengusung tema “Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah Regional untuk Memperkuat Pemulihan Ekonomi Nasional yang Inklusif”.

Pada tahun ini terdapat 3 topik utama yang akan menjadi fokus yaitu, Economic Inclusion dengan melakukan promosi bisnis berbasis syariah; halal and Green Lifestyle dengan cara Pengembangan Industri halal serta Digital Economy berupa digitalisasi Halal Value Chain (HVC) dan akselerasi digitalisasi untuk Islamic Social serta keuangan komersial.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk menyemarakkan FESyar Sumatera di Provinsi Aceh yang dilaksanakan sejak tanggal 4 s.d 6 Agustus 2022, Bank Indonesia Kepri menyelenggarakan Shari’a Economic Forum yang dikemas dalam bentuk webinar Ekonomi dan Keuangan Syariah dengan tema “Peran dan Kontribusi Ekonomi dan Keuangan Syariah dalam Penguatan Ekonomi Ummat”.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

Update Rempang Eco-City, Jumlah Warga Tempati Hunian Sementara Terus Bertambah

0
berita4.id, BATAM - Jumlah warga terdampak pengembangan Rempang Eco-City yang telah menempati hunian sementara terus bertambah menjadi 103 Kepala Keluarga (KK), Senin (10/6/2024). Terbaru, BP...

Deputi Kemenko Polhukam Optimis Rampung Sesuai Dengan Target

0
berita4.id, BATAM-Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam, Sugeng Purnomo optimis proyek pembangunan hunian baru untuk warga yang terdampak pengembangan Rempang...

Ikut Bertanggungjawab Jaga Lingkungan, HKBP Tolak Tawaran Izin Kelola Tambang

0
berita4.id, JAKARTA- Rencana presidan RI Joko Widodo yang menawarkan izin pengelolaan tambang ke ormas keagamaan mendapat penolakan. Salah satu penolakan dilakukan oleh Huria Kristen...

38 Pegawai BP Batam Ikuti Pelatihan Teknis SMKU 2024

0
berita4.id, BATAM - Sebanyak 38 pegawai BP Batam mengikuti kegiatan pelatihan Teknis Sistem Manajemen Kelangsungan Usaha (SMKU) Tahun 2024 di Gedung IT, Batam Center,...

Penerima Konsesi Merupakan Subjek Pajak yang Wajib Memenuhi Kewajiban Pembayaran Pajak...

0
berita4.id, BATAM - Badan Pengusahan Batam (BP Batam) menanggapi pemberitaan yang muncul berkaitan dengan keterangan PT Adhya Tirta Batam (ATB) yang menyatakan dalam Hak...
- Advertisment -