Friday, June 14, 2024
HomeLifestyle dan TipsTips Hidup Sehat dari Para Dokter

Tips Hidup Sehat dari Para Dokter

berita4-Seiring dengan tuntutan kerja, para dokter juga dituntut untuk tetap sehat. Bahkan tiap kita warga ke dokter, dokter selalu menitipkan pesan agar kita juga menjalani pola hidup sehat.

Berikut tips sehat dari dokter Klikdokter.
1. Kurangi konsumsi nasi
Karbohidrat dibutuhkan sebagai bahan bakar tubuh. Nasi adalah salah satu sumber karbohidrat yang paling mudah ditemukan. Akan tetapi, konsumsi karbohidrat berupa nasi secara berlebihan juga tak baik untuk tubuh.

Mengurangi konsumsi nasi putih adalah salah satu kiat menjaga kesehatan yang dijalankan oleh dr. Andika Widyatama.

“Kalaupun makan nasi, hanya satu kali dalam sehari. Itu pun hanya pada siang hari. Kalau pagi, saya makan karbohidrat kompleks seperti roti dan gandum. Sedangkan malam saya makan buah saja karena buah mengandung glukosa. Saya lebih banyak makan protein seperti telur, ayam, tempe, dan tahu,” kata dr. Andika.

2. Cukup Minum Air Putih
Air merupakan komponen penting dalam tubuh. Manusia membutuhkan air putih minimal 2 liter per hari. Jika kurang, Anda bisa mengalami dehidrasi hingga mengganggu fungsi ginjal.

“Saya sekarang lebih banyak minum air putih, hampir tidak lagi minum minuman bersoda. Kalau makan di luar (restoran), saya pilih minum jus,” kata dr. Andika

3. Olahraga untuk Kebugaran
Agar kesehatan tubuh terjaga sekaligus mencapai atau mempertahankan berat badan ideal, olahraga berperan penting. Para ahli mengatakan perlunya olahraga selama 30 menit per hari sebanyak lima kali dalam seminggu. Totalnya adalah 150 menit dalam seminggu.

“Saya olahraga seminggu minimal tiga kali dan paling banyak lima kali. Saya kombinasikan saja, bisa aerobik dan anaerobik,” kata dr. Andika yang rutin joging dan main futsal.

“Saya juga sesekali bersepeda. Kalau nge-gym, latihan saya tidak berat. Saya hanya menjaga tubuh saja dan untuk itu repetisinya agak banyak,” ungkap dokter yang juga menjadi host dan narasumber program Hi Doc! di O Channel tersebut.

4. Istirahat yang Cukup
Banyak ahli menyarankan bahwa tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah minimal 7 jam per hari. Manfaat tidur sangat banyak, mulai dari kesehatan otak, wajah yang terlihat segar, perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

“Saya selalu berusaha istirahat tidur minimal 7 jam. Saya memang tidak pernah tidur siang, tapi istirahat pada malam hari benar-benar saya manfaatkan,” kata dr. Andika yang memanfaatkan me-time nya dengan traveling dan main musik.

RELATED ARTICLES
spot_img

Most Popular

terkini

Li Claudia Chandra, Kandidat Pertama Ambil Berkas Pendaftaran Pilwako di PPP

0
berita4.id, BATAM- Ketua DPC Partai Gerindra Nyangnyang Haris Pratamura atas nama Li Claudia Chandra jadi orang pertama yang mengambil berkas pendaftaran untuk calon kepala daerah...

Update Rempang Eco-City, Jumlah Warga Tempati Hunian Sementara Terus Bertambah

0
berita4.id, BATAM - Jumlah warga terdampak pengembangan Rempang Eco-City yang telah menempati hunian sementara terus bertambah menjadi 103 Kepala Keluarga (KK), Senin (10/6/2024). Terbaru, BP...

Deputi Kemenko Polhukam Optimis Rampung Sesuai Dengan Target

0
berita4.id, BATAM-Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam, Sugeng Purnomo optimis proyek pembangunan hunian baru untuk warga yang terdampak pengembangan Rempang...

Ikut Bertanggungjawab Jaga Lingkungan, HKBP Tolak Tawaran Izin Kelola Tambang

0
berita4.id, JAKARTA- Rencana presidan RI Joko Widodo yang menawarkan izin pengelolaan tambang ke ormas keagamaan mendapat penolakan. Salah satu penolakan dilakukan oleh Huria Kristen...

38 Pegawai BP Batam Ikuti Pelatihan Teknis SMKU 2024

0
berita4.id, BATAM - Sebanyak 38 pegawai BP Batam mengikuti kegiatan pelatihan Teknis Sistem Manajemen Kelangsungan Usaha (SMKU) Tahun 2024 di Gedung IT, Batam Center,...
- Advertisment -